MWA Pilih Tiga Calon Rektor UI

Berikut petikan berita dari Kompas hari ini:

Jakarta, Kompas – Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia atau MWA-UI hari Rabu (11/7) memilih tiga dari tujuh calon rektor lewat sistem seleksi yang memakai cara voting di Kampus UI, Depok.

Tiga calon rektor (carek) terpilih itu adalah Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI Gumilar R Somantri yang merebut 18 suara, Wakil Rektor UI Soetanto Soehodo (12 suara), dan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Hasbullah Thabrany (9 suara).

Tiga carek teratas ini dipilih oleh 20 anggota MWA (minus Rektor UI) berdasarkan sistem one man three votes. Mereka bertiga akan terlibat dalam debat publik pada 17 Juli dan menjalani seleksi akhir di hadapan MWA kembali pada 20 Juli pekan depan. Sebelum ini terdapat 13 carek yang menjalani proses seleksi di tingkat Senat Akademik Universitas (SAU)-UI.

Dari 65 anggota SAU-UI, sebanyak 60 orang di antaranya representasi dari 12 fakultas di UI. Tiap fakultas diwakili lima orang, yakni dua guru besar, dua dosen, dan satu dekan ex-officio. Lima anggota SAU-UI lainnya adalah rektor, dua wakil rektor, seorang ketua program pascasarjana, dan seorang kepala perpustakaan.

Setelah melewati tahap itu, tujuh carek menjalani tes penilaian kepemimpinan dan selanjutnya mempresentasikan program masing-masing di hadapan 188 anggota Dewan Guru Besar (DGB).

DGB adalah lembaga yang berfungsi membina kehidupan akademik dan integritas moral serta etika di lingkungan sivitas akademika Universitas Indonesia.

MWA adalah organ yang mewakili pemerintah, masyarakat, dan universitas, beranggotakan 21 orang.

Enam anggota MWA yang mewakili masyarakat adalah Emil Salim (anggota Dewan Pertimbangan Presiden), mantan Menko Kesra Alwi Shihab, Wakil Gubernur Jakarta Fauzi Bowo, pengusaha Rachmat Gobel serta Purnomo Prawiro, dan ahli pemasaran Hermawan Kartajaya. (bas)

1 Komentar

Filed under Uncategorized

One response to “MWA Pilih Tiga Calon Rektor UI

  1. Salam Nusantara!
    Kami mencari Penerima Beasiswa Wirausaha!
    Mohon izin, numpang “kapling”
    Matur Nuwun…..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s