HAM Terpengaruh Kepentingan Barat

Isu Hak Asasi Manusia (HAM) tak lepas dari kepentingan negara-negara Barat yang menghendaki nilai-nilai kebebasan ala Barat sebagai nilai universal di dunia. Barat juga menanamkan ideologi Kapitalis seraya mengubur nilai-nilai Islam. Demikian salah satu kesimpulan yang terungkap dalam seminar HAM 2007 bertema “HAM dalam Perspektif Islam dan Barat” yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa dan Pemuda Aceh (IMAPA) Ciputat, Senin, (16/5) di Ruang Aula Menasah Aceh Ciputat-Tanggerang.

Hadir sebagai pembicara dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Drs. Wahyudi, M.IP dan Mantan Menteri Hukum dan HAM Dr. Hasballah M. Saad. Acara yang dipadati ratusan peserta ini berlangsung hingga larut malam. Wahyudi menjelaskan, HAM dalam konteks sekarang lebih banyak diwarnai oleh ideologi kapitalis.

Sebagai contoh, ketika HAM diberi muatan kapitalis, dalam konteks kebebasan berpendapat, maka sah sah saja seseorang membuat karikatur Nabi Muhammad SAW, yang jelas sekali menyinggung perasaan ummat Islam. Atau dalam konteks kebebasan hak milik, yang membolehkan individu menguasai sumber daya alam yang seharusnya menjadi hak milik umum.

Sementara itu Hasballah M. Saad menyatakan “Hak Asasi manusia yang telah diatur dalam Islam jauh lebih baik dan lebih menjamin hak-hak itu sendiri dibandingkan dengan HAM yang digembar-gemborkan Amerika, yang sejatinya adalah negara penganut kapitalisme. Hanya karena kita tidak punya kekuasaan dan kekuatan apapun sehingga kita terus tunduk pada Negara adidaya AS” terangnya. Suhaila

Tinggalkan komentar

Filed under Headline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s