Sarapan Sembilan Naga Kecil

Siapa tak kenal bakpao? Penganan khas Cina ini mudah ditemukan  di banyak tempat. Harganya bervariasi, mulai dari 2 ribuan sampai belasan ribu. Begitupula dengan isinya. Ada yang berisi daging babi (dengan atau tanpa telur asin), daging ayam,atau kacang berwarna hitam, dan sebagainya. Bentuk bakpao juga bermacam-macam. Dari sebesar kepalan tangan hingga yang berukuran mini.

Apa yang membedakan bakpao di sini dengan di negeri leluhurnya Cina? Menurut pengajar Program Studi Cina Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Hermina Sutami ciri khas di Indonesia bakpao dimakan dengan sambal. Sementara di Cina tak mengenal sambal seperti di negara kita.

Bakpao dikenal di Cina bagian utara dan selatan. Hanya saja nama bakpao berasal dari Cina Selatan, yaitu Bahasa Hokkian dialek Min Selatan subdialek Xiamen. Selanjutnya bakpao masuk ke Indonesia melalui penduduk Fujian yang bermigrasi ke negeri ini.

Di Cina bakpao biasanya berisi daging babi. Tak heran, sebab kata bakpao terdiri dari dua suku kata, yakni bak dan pao. Bagi orang Cina, bak berarti daging babi. Sedangkan pao bermakna bungkusan atau buntalan. Dengan begitu,bakpao bermakna daging babi yang dibungkus semacam terigu.

Di Cina bakpao merupakan santapan pagi hari. Bentuknya kecil, dikukus dalam langseng bambu kecil yang memuat 9 bakpao. Di kantin asrama mahasiswa sebuah universitas di Guangzhou bakpao ini dikenal dengan nama xio lung atau paonaga kecil. Sebagai sarapan pagi hari, makan 9 pao naga kecil sudah mengenyangkan perut.

Tinggalkan komentar

Filed under Community

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s