Pesantren Perlu Pembaharuan

Dalam dunia pendidikan semestinya tak ada pemisahan antara ilmu umum dan ilmu agama. Para justru diharapkan dapat menguasai kedua ilmu tersebut tanpa harus membeda-bedakannya. Demikian diungkapkan Direktur Jenderal Madrasah Diniyah dan Kepesantrenan Departemen Agama dalam acara “Seminar Kepesantrenan” di Ruang Theater lantai 2 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta (30/4).

Seminar tersebut merupakan salah satu acara yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Manajemen Dakwah pada Gebyar Manajemen Dakwah 2007. Acara dengan tema “Problematika Pesantren Dulu, Kini dan Nanti; serta Solusinya” dibuka oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Dr. Murodi, M.A. Dalam sambutannya ia memberikan apresiasi kepada mahasiswa jurusan dakwah dan mahasiswa lainnya dalam upayanya mengetahui beragam masalah termasuk tentang  pesantren.

Selain Rohadi, hadir sebagai pembicara Pengasuh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, Jakarta  KH Noer M Iskandar SQ, Ketua umum BKSPPI KH Amien Noer, dandari Majelis Ulama Indonesia Amarullah Ahmad. Dalam penyampaiannya, KH Noer menegaskan, di antara problem yang sering dijumpai dalam pratek pendidikan di pesantren, terutama yang masih bercorak salaf adalah persoalan efektivitas metodologi pengajaran. “Dibutuhkan pembaharuan metodologi pembelajaran tanpa harus meninggalkan pratek pengajaran tradisional,”  ujar Ketua Majelis Syuro Partai Persatuan Pembangunan ini.

Sementara itu, KH Amien berpendapat lembaga pesantren merupakan kekuatan dalam berbagai bidang yang mampu menguasai peradaban. Syaratnya, “Jika suatu lembaga mampu mengintegralkan antara alam, akal, dan agama,” tegasnya. Ishaq

Tinggalkan komentar

Filed under Community

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s