Kiat Menjadi PR yang Sukses

Puluhan mahasiswa menghadiri seminar  yang diadakan oleh Management Student Society Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Rabu (9/5). Acara bertitel “PROMS: PR Bites!” itu digelar di auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Tiga orang pembicara hadir mengulas masalah strategi komunikasi untuk memperkuat keberadaan merek.

Dalam seminar itu, Rahmat Susanta dari majalah Marketing mengatakan bahwa hubungan Public Relation (PR) perusahaan dengan media merupakan hubungan yang sifatnya simbiosis mutualisme. Dalam hubungan tersebut harus terjalin hubungan yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak.

Menurutnya, PR yang bagus harus bersikap preventif. Selain itu, PR suatu perusahaan harus mampu mempopulerkan perusahaannya. Hal itu dapat dilakukan dengan mengadakan event penting, misalnya seminar atau memberikan award atau penghargaan kepada perusahaan yang berkualitas.
Tiap perusahaan pasti memiliki kompetitor masing-masing. Menurut Sutjiati Octavia dari bank BNI 46 humas dari perusahaan harus menjalin hubungan baik dengan humas dari perusahaan lain. Misalnya dengan mengadakan perkumpulan PR sejumlah bank. Salah satu cara yang saat ini telah digunakan oleh beberapa bank di Indonesia adalah dengan mengadakan  anjungan tunai mandiri atau ATM Bersama.

Seminar juga menghadirkan Meiske Surjadinata dari Sony Ericsson Indonesia. Seluruh narasumber sepakat bahwa ada beberapa hal yang dapat menjatuhkan brand image suatu perusahaan. Contohnya, kasus korupsi di dalam perusahaan bersangkutan, kebijakan manajemen yang salah, tidak cepat merespon masalah yang ada, serta lamban dalam merespon kebutuhan masyarakat.

Pada akhir acara, panitia mengadakan mini workshop. Peserta diberikan studi kasus yang harus dipecahkan dalam selang waktu 5 menit. Setelah itu, 5 peserta melakukan presentasi di depan peserta dan ketiga narasumber.

3 Komentar

Filed under Community

3 responses to “Kiat Menjadi PR yang Sukses

  1. m.syarwan. maulana

    artikelnya cukup menarik,,

  2. Khiko Rayesmara

    thanx telah memuat artikel ttg proms: pr bites!

    tahun 2008 bakal ada lagi lho

  3. PROMS datang lagi lho.. tanggal 17 Maret 2008… datang ya semuanya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s