Wakil Rektor UI Buka Maulid Nabi

Ratusan orang menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Masjid Ukhuwah Islamiyah, Sabtu (28/4). Kegiatan yang bertema “Meneladani Rasullulah SAW Menuju Kehidupan Islam Rahmatan Lil Alamin” ini diselenggarakan oleh Pengurus Forum Remaja Masjid (FRM) Masjid UI.

Tampil sebagai pembicara pada kesempatan tersebut Ketua Forum Umat Islam (FUI) Ustadz Mashadi, Ketua Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) Ahmad Sumargono, dan Direktur Pusat Kajian Timur Tengah dan Islam (PKTTI) Universitas Indonesia Muhammad Lutfhi Zuhdi.

Wakil Rektor III UI Arrie Susilo hadir membuka acara tersebut. Ia menyatakan, saat ini kita sebagai umat Islam kita harus mencontoh dan meneladani Rasullulah SAW serta melaksanakan semua risalah yang beliau sebarkan. Dalam hal ini, kembali kepada fitrah manusia yaitu mengembalikan segala sesuatu kepada yang diatas dan selalu mendekatkan diri dengan yang diatas serta diperlukan upaya dari semua pihak untuk terlibat dalam menyelesaikan berbagai masalah multidimensional yang terjadi saat ini.

Dalam konteks kampus, beliau memprihatinkan kondisi mahasiswa yang sudah banyak melupakan nilai-nilai agama. Menurutnya, diperlukan suatu keseimbangan dimana kecerdasan intelektual harus diimbangi dengan aspek spritual. Bukan hanya Islam, semua agama pun harus sama dan berkewajiban untuk membenahi permasalahan ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ahmad Sumargono menekankan bahwa umat Islam saat ini tidak hanya sebatas melakukan perbaikan pada sistem keyakinan tapi diperlukan suatu perbaikan total dimana perubahan sistem tata kemasyarakatan harus diatur dan dikembalikan kepada ajaran Islam yang maha agung, yaitu dengan Syariat Islam yang membawa rahmat bagi semua alam semesta.

Sedangkan pembicara kedua, M Lutfhi Zuhdi memaparkan bagaimana pentingnya suatu kepemimpinan umat dan pemimpin harus memiliki posisi yang kuat di dunia internasional. Tidak seperti sekarang, dimana pemimpin nasional tidak mempunyai ketegasan sikap dan wibawa lagi. Lanjutnya, umat Islam membutuhkan kepemimpinan umat seperti kepemimpinan yang dicontohkan oleh Rasullulah SAW dimana saat itu Rasul sebagai pemimpin negara sangat disegani oleh dunia internasional. Bukan terbatas pada kepemimimpinan nasional yang hanya berkiblat dan menginduk kepada Barat saat ini. Abdul

Tinggalkan komentar

Filed under Community

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s